Jumat, 08 Mei 2015

Abaya, Busana Wanita Arab yang Semakin Mendunia dan Dipakai Selebriti

Sumber: busanaindonesia.com, jual abaya hitam

Jakarta - Tentu Anda sudah akrab dengan busana muslim jenis abaya yang awalnya dipakai oleh wanita Arab dan kini semakin populer di dunia. Bahkan beberapa selebriti Hollywood pernah memakai abaya ketika menghadiri suatu acara atau dalam rangka liburan ke negara-negara tertentu.

Abaya awalnya hanya berwarna hitam polos, tidak memiliki banyak corak dan dibuat dalam banyak warna seperti saat ini. Busana untuk wanita muslim tersebut dibentuk seperti jubah lengan panjang yang biasa dipakai oleh wanita di Arab Saudi.

Abaya tidak diketahui secara pasti kapan pertama kali diluncurkan, beberapa pendapat mengatakan kalau busana sopan itu sudah ada selama 4 ribu tahun lalu dan hanya digunakan oleh wanita muslim untuk menutupi lekuk tubuh mereka. Abaya dan tambahan jilbab atau burqa dipakai oleh wanita Arab untuk melindungi mereka dari pandangan pria yang mungkin bisa berbuat jahat.

Kini abaya dan jilbab tidak lagi sebagai pelindung tapi juga pelengkap fashion. Abaya diberikan sentuhan yang semakin modern dalam beragam warna dan bentuk. Bahkan menurut berbagai sumber, busana tradisional Indonesia dan Malaysia yaitu kebaya diambil dari kata abaya.

Meskipun busana tradisional Indonesia berupa kebaya tapi abaya juga diminati oleh wanita Tanah Air yang mayoritas beragama Islam. Modelnya yang lurus dan longgar membuat busana tampak praktis untuk dipakai dalam keseharian. Abaya dan gamis memiliki model serupa yaitu busana muslim lengan panjang yang longgar hingga mata kaki. Namun banyak abaya dianggap lebih modern karena kini sudah dimodifikasi.

Sedangkan gamis cenderung polos, berpotongan lurus, dan tidak memiliki banyak warna. Berbeda dengan abaya yang sekarang memiliki beragam model mulai dari layer, bertumpuk, serta diberikan sentuhan glamour seperti kristal Swarovski ataupun lapisan benang emas. Seiring berjalannya waktu, para desainer semakin kreatif memberikan inovasi dalam rancangannya sehingga tak heran bila abaya saat ini juga diminati oleh wanita nonmuslim.

Beberapa selebriti juga mengenakan abaya ketika pergi ke negara dengan mayoritas muslim. Seperti Kendall Jenner yang tak hanya datang bersama Gigi Hadid ke masjid Sheikh Zayed di Abu Dhabi tapi juga berpose dengan penyanyi Selena Gomez, Shay Mitchell, model Victoria's Secret, Devon Windsor dan kekasih Gigi, Cody Simpson. Mereka tampil tertutup dengan abaya hitam dan mengenakan kerudung senada untuk menghormati tempat ibadah kaum muslim tersebut.

Selain Kendall dan teman-teman modelnya, Saat liburan ke Dubai bersama ibunya, Kris Jenner, Kim dan Kris sempat tampil dengan kerudung. Keduanya memakai burka dalam warna hitam. "That's me!" tulis keterangan di foto Twitter yang menampilkan Kim memakai burka.

Beragam model abaya yang sudah dimodifikasi juga disesuaikan dengan budaya di negaranya. Seperti abaya warna hitam polos masih dipakai oleh wanita yang tinggal di negara-negara Timur Tengah terutama Arab Saudi, Kuwait, dan Qatar. Sedangkan abaya yang penuh corak dan bordir lebih populer di Yordania dan beberapa negara barat.

Berbeda dengan di Indonesia yang fashion muslimnya cenderung ramai serta berwarna-warni. Abaya yang dijual di Indonesia pun lebih banyak bernuansa terang, penuh detail, serta permainan potongan yang bermacam-macam. Tren busana muslim dua tahun belakangan juga didominasi oleh abaya karena pergeseran gaya dari heboh menjadi lebih simpel.

Desainer busana muslim muda Dian Pelangi juga mengatakan bahwa potongan abaya dan kaftan masih diminati terutama karena trennya kembali simpel dan minimalis. Bahkan abaya juga bisa membuat penampilan wanita menjadi lebih syar'i sehingga terus diminati oleh hijabers.

"Gamis, kaftan, abaya masih diminati karena hijab syar'i lagi tren sekarang dan itu bagus ya. Sudah mulai banyak hijabers yang tampil syar'i," tutur Dian saat berbincang dengan Wolipop beberapa waktu lalu di kawasan SCBD, Jakarta Selatan.

Kini tren busana sopan juga mempengaruhi para desainer dunia untuk merilis koleksi abaya. Salah satunya DKNY meluncurkan koleksi abaya saat Ramadan 2014 yang dijual eksklusif di Arab. Tak hanya itu, label mode papan atas Eropa seperti John Galliano dan Blumarine yang juga memamerkan koleksi abaya couture.

Sumber: detik.com

0 komentar:

Posting Komentar